Cara Mengganti Air Radiator dengan mudah

Cara mengganti air radiator dengan mudah
Cara mengganti air radiator dengan mudah

Bagaimana cara mengganti air radiator sendiri dengan mudah?
Radiator merupakan bagian penting untuk kelancaran kerja pada mesin mobil Anda. Tugas utamanya untuk mendinginkan suhu mesin guna mendapatkan temperatur kerja optimal.

Agar tetap bersih dan tidak mampat diperlukan perawatan berkala 20.000 km atau setidaknya mengganti air radiator jika terlihat kondisi air sudah keruh. Warna keruh tersebut bisa dilihat melalui lubang atas radiator, tentunya setelah penutup dibuka.

Anda tidak perlu repot-repot datang ke bengkel mobil jika hanya ingin mengganti air radiator pada mobil Anda, karena Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dan caranya pun cukup mudah.

Adapun cara mengganti air radiator sebagai berikut :

  1. Langkah pertama, buka penutup lubang radiator di bagian atas. Lalu buka juga baut tempat pembuangan air radiator yang terletak di bagian bawah radiator. Setelah itu, biarkan beberapa saat hingga air radiator terbuang semua. Sebelum melakukan proses tersebut, pastikan terlebih dahulu jika kondisi mesin mobil Anda dingin, agar tidak mencederai tangan Anda. Selain itu, usahakan juga saat melakukan proses tersebut mesin mobil Anda dalam keadaan menyala. Hal ini berfungsi agar semua air yang masih tersisa di sistem pendingin mesin terbuang semua.
  2. Setelah air di radiator habis, tutup kembali baut pembuangan air bagian bawah dan buka baut pembuangan angin (jika ada). Selanjutnya, isi air radiator dengan cairan pendingin radiator (radiator coolant) atau air mineral sampai airnya keluar melalui baut pembuang angin.
  3. Tutup baut buang angin dan biarkan tutup lubang radiator atas terbuka dan pastikan posisi AC mati terlebih dulu kemudian hidupkan mesin sampai temperatur menunjuk setengah dan kipas radiator berputar.
  4. Apabila volume air dirasa masih kurang, segera tambahkan hingga batas maksimal, lalu tutup kembali lubang radiatornya.
  5. Jangan lupa juga untuk mengecek tangki cadangan radiator (reservoir tank). Apabila kotor segera kuras dan isi kembali dengan cairan radiator coolant yang baru sampai batas maksimum kemudian tutup kembali dengan rapat.

Demikian tips dan trik mengganti air radiator, semoga bermanfaat dan selamat mencoba tips mudah ini.